Beranda POLITIK Pelantikan Kepala Daerah Kabupaten/Kota Dilaksanakan Secara Virtual

Pelantikan Kepala Daerah Kabupaten/Kota Dilaksanakan Secara Virtual

28
Ilustrasi kepala daerah hasil pilkada 2020/ net

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia akhirnya memutuskan bahwa pelantikan bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota hasil Pilkada serentak 2020 akan dilaksankan secara virtual.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Kemendagri tertanggal 15 Februari 2021 dengan nomor : 131/966/OTDA yang ditandatangani Direktur Jendral Otonomi Daerah Drs. Akmal Malik, M.Si.

“Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/ Wakil Walikota melalui media teleconference dan/atau video conference” demikian perihal yang tertulis dalam surat itu.

Dalam surat tersebut Kemendagri menyatakan bahwa Pelantikan Bupati / Wakil Bupati dan Walikota / Wakil Walikota dilakukan oleh Gubernur pada minggu ke IV Bulan Februari 2021 dilaksanakan secara virtual dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Tangkapan layar surat Kemendagri perihal pelantikan KDH secara virtual

Pelantikan secara virtual pada Minggu Ke IV Bulan Februari 2021 itu berlaku bagi kabupaten/kota yang akhir masa jabatannya Bulan Februari 2021 yang tidak ada sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi, berakhir Bulan Februari 2021 yang terdapat sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi namun terhadap sengketa tersebut telah diputuskan atau ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi pada tanggal 15-16 Februari 2021 untuk tidak dilanjutkan perkaranya pada sidang berikutnya atau ditolak dan yang berakhir Bulan Mei 2019 (Kota Makssar).

Keputusan pelaksanaan pelantikan secara virtual tersebut berdasarkan surat itu dilandaskan pada beberapa peraturan perundang-undangan diantaranya Pasal 4 undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 tahun 1991 tentang Penanggulangan Wabah Penyakit Menular.

Dalam surat tersebut juga diminta agar Gubernur, Ketua DPRD kabupaten/kota dan Ketua KPU Kabupaten/Kota untuk mempercepat proses pengusulan pengesahan pengangkatan bupati wakil bupati dan walikota wakil walikota agar dapat dilantik secara bersama-sama pada minggu IV Bulan Februari 2021. (Red)