Beranda Pendidikan Masyarakat Mendukung Pembangunan SMK Negeri di Desa Durian OKU

Masyarakat Mendukung Pembangunan SMK Negeri di Desa Durian OKU

6
Sosialisasi rencana pembangunan SMK Negeri di Desa Durian Kabaupaten OKU

OKU – Masyarakat Desa Durian yg terdiri dari Tokoh Agama, Tokoh Pemuda/Karang Taruna, Tokoh Wanita serta Kepala Desa Durian/Perangkat Desa dan Ketua/Anggota BPD yg didampingi oleh Camat Peninjauan mendukung sepenuhnya rencana pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMKN di Desa Durian Kecamatan Peninjauan (OKU).

Dukungan tersebut diungkapkan dalam acara Sosialisasi dan Dukungan Masyarakat Untuk Pembangunan SMKN yang diadakan di Kantor Kades Durian Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU, Selasa (16/2/ 2021) yang dihadiri oleh Camat Peninjauan Zahruddin, Kepala Desa Durian, Ketua dan Anggota BPD, tokoh agama dan yokoh masyarakat Desa Durian.

Dalam kesempatan itu Tokoh masyarakat Desa Durian, Syaiful Amin, SH., yang juga sekaligus sebagai Ketua Tim Pengusul Pembangunan SMK Negeri Durian menyampaikan bahwa pada awalnya akan mengusulkan untuk mendirikan SMA Negeri di Desa Durian sudah digulirkan pada Tahun 2019 dan 2020, namun terkendala dengan belum adanya tanah seluas 2 Ha untuk lokasi pembangunan.

“Baru pada awal Februari 2021 ada putra Desa Durian yg tinggal di Jakarta yaitu Bapak Drs.H.Chairuddin bin H.Abulkosim Muksi menghibahkan tanah seluas 2 (dua) hektar di Desa Durian,” cerita Syaiful Amin.

Audiensi dengan Gubernur Sumsel terkait rencana pembangunan SMK Negeri di Desa Durian

Selanjutnya menurut Syaiful Amin dirinya segera mengurus persyaratan pembangunan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dan melaporkan rencana pembangunan kepada Gubernur H.Herman Deru di Palembang pada Rabu 3 Februari 2021.

“Gubernur H.Herman Deru mendukung sepenuhnya dan menyarankan agar dibangun Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN), supaya tamatannya mempunyai skill/keterampilan teknis yang akan dapat mengisi peluang kerja dan kebutuhan Tenaga Teknik,” ujar Syaiful.

Menurut Syaiful Amin, SH., setelah sosialisasi dan mendapatkan dukungan dari masyarakat, langkah selajutnya mengurus Akte Hibah ke Notaris, setelah itu mengurus Sertifikat Tanah.

“Masyarakat Durian khususnya dan masyarakat Kecamatan Peninjauan umumnya sangat berharap dalam Tahun 2021 ini Gubernur Sumsel dapat menganggarkan dalam APBD/APBD-P atau Bangub dan dapat segera merealisasikan pembangunan SMKN dambaan masyarakat tersebut, mengingat di Kecamatan Peninjauan, Kecamatan KPR, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kecamatan Lubuk Batang belum ada Sekolah SMKN,” beber Syaiful.

Saat ini di Kabupaten OKU sendiri baru ada 4 SMK Negeri yakni SMKN 1/SMEA Negeri, SMKN 2/SMKK, SMKN 3/STM Negeri dan SMK Negeri 4 di Kecamatan Lubuk Raja.

“Jika nanti terealisasi pembangunan SMKN di Desa Durian Kecamatan Peninjauan, maka akan menjadi SMKN 5 OKU,” pungkas Syaiful Amin.